Selasa, 04 Juni 2013

Mengawali Home schooling di Bandung

Alhamdulillah, kami tinggal di Bandung. Kota yang nyaman , damai, dan di masa lalu sejuk . sekarang? yaaaahhh....gak sejuk-sejuk amat, terkadang aja ...hehe


Mama Maliki dan Fati memutuskan Maliki akan Home schooling. Home schooling ( selanjutnya disebut HS), bukan yang sekolah di ruko -ruko itu yaaah ! HS Maliki di sini, maksudnya adalah orangtuanya yang bertanggung jawab penuh terhadap pendidikan Maliki.

Weh...gaya banget!

Gaya? enggak kok, bukan karena sok gaya mirip artis, kami memutuskan HS karena nggak sependapat dengan kurikulum Kementrian Pendidikan dan pesan-pesan sponsor dari penerbit buku pelajaran (beberapa ya).

Gimana...gimana maksudnya?

Alasan no. 1. Yaah...dari salah satu saudara kami yang menjadi guru Bimbel, ia mengatakan :sebenarnya kurikulum yang suci murni dari kemendiknas Indonesia, pelajaran SD nggak berat banget. Hanya saja, kurikulum ini sering dilibas oleh para guru dengan cara men- drill anak didik. Memberikan anak-anak SD pe-er banyak, hafalan banyak...sehingga kurikulum tadi dianggap cupu ( polos dan gak keren).

Kemudian untuk mengisi kesederhanaan kurikulum kemendiknas tadi, tampillah beberapa penerbit buku memberikan soal-soal yang "waww..wah... wuaduh". Singkat kata, anak-anak usia 7 tahun hingga 12 tahun yang masih senang bermain itu harus dan dipaksa mengunyah buku-buku yang "waaw...wah...wuaduh" itu. dan bimbel juga menyambut keadaan ini, bimbel bergerak di tingkat SMP, dan SMU, kadang kelas 4, 5, 6 SD. Miris ya?

Saya (mamanya Maliki) tidak rela anak saya berkurang jatah mainnya. Biarlah anak saya puas bermain.
Nanti jadi bodoh dong?!....hehehee kata siapa?

Di dalam bermain juga terkandung pelajaran. Percayalah.



Alasan ke-2. Saya tidak setuju dengan kurikulum Indonesia yang masih belum menghargai multiple intelegensia. Yaitu, setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda. Ibaratnya anak itu (umpama aja ) ada yang seumpama cheetah, ikan, burung elang, singa. Nah, masak ujiannya seragam. "Kalian harus tes berenang ! yang cepat renangnya, berarti rangking satu!" Ya elah...jelas sang ikan yang menang. Dan....yang penting nih, pelajaran budi pekerti dan akhlak lebih penting daripada pelajaran hafal-hafalan . (masak yang dihafal  tugas camat dan lurah....lhaaa.....aneh nggak sih).

Akhirnya, karena sering membaca web www.rumahinspirasi.com, saya sejak awal tahun 2013, saya sudah ikut webinar yang diselenggarakan www.rumahinspirasi.com , webinar tentang segala sesuatu mengenai Homeschooling.

Insha Allah kami siaaaaaaaaaaaaappp!!

Nah, alhamdulillah, ada komunitas (kumpulan keluarga-keluarga ) di kota Bandung yang juga menganut HS. Alhamdulillaaahh.... ceritanya dilanjut nanti yes :)

16 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...
    Salam kenal... Anak saya (6th) sekarang juga mengambil jalur homeschooling.
    Saya domisili di dua kota, Cimahi dan cianjur. Ingin sekali bisa berkumpul dengan keluarga HS lainnya. Beberapa kali ingin ikut kegiatan klub oase di jakarta, tapi selalu berhalangan hadir. Sekiranya bisa diinformasikan... kapan ada kegiatan komunitas HS di bandung dalam waktu dekat. ^.^
    Salam..

    Chika, Bundanya Nisrin.

    BalasHapus
  2. Waahh saya juga lagi nyari temen temen hs..... ada kontak yg bisa dihubungi? Terimakasih

    BalasHapus
  3. Halo mba salam kenal..saya juga lagi cari omunitas homeschool, kebetulan mau memakai metode charlotte mason full..saya di cimahi juga..bisa minta facebooknya mungkin? seneng kalau bisa slaing sharing dan ketemu, terima kasih

    BalasHapus
  4. Hai saya mau pindah ke bandung juni nanti, tertarik juga denan program HS utk anakku. Dimana saya bisa dapat info lebih lengkapnya?

    BalasHapus
  5. salam kenal...saya cari info tentang homeschooling di bandung untuk murid saya usia 6 tahun,,,,tolong informasinya yaaaaa,

    BalasHapus
  6. Ass insyallah akan tinggal di cimahi mungkin bisa info HS atau komunitas HS bandung cimahi

    BalasHapus
  7. anakku jg 6 tahun dan hs jg pgn ketemu keluarga hs dmn ya mama maliki

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum...
    Salam kenal, kebetulan nih kedua anak saya juga homeschooling (6,5th) dan (4th)
    kami tinggal dibandung daerah Cigadung. pengen kenalan sama bunda2 disini, biar bisa berbagi saling sharing tentang HS.
    Bisa contac whatsapp 0819-1042-1001

    Terima kasih.
    --Yulianti (Bunda Alexa & Jasmine)

    BalasHapus
  9. saya cari homescooling untuk tingkat SMA di Bandung Timut dimana ya?

    BalasHapus
  10. saya cari homescooling untuk tingkat SMA di Bandung Timut dimana ya?

    BalasHapus
  11. assalamualaikum wr wb, saya mencoba beralih ke HS karena anak saya jadi korban bullying terus di sekolahnya, mau dong ikutan komunitas orangtua dr anak yg HS....saya rini , wa 082216058125

    BalasHapus
  12. Saya pun berminat untuk HS. Apakah anak sy yg berumur 6 tahun bisa turut serta HS ya? Lalu untuk lanjutkan ke jenjang pendidikan berikut ada tanda lulus yg diakui setara TK/SD oleh Depdiknas, lalu biayanya berapa? (dia pernah sekolah TK juga dgn badis pelajaran mayoritas agama Islam diiringi belajar baca tulis, seni, IPA/science utk anak2 Pra sekolah tentunya utk porsi anak umur pra sekolah juga

    BalasHapus
  13. Ass.. sy usi,tolong info home schooling utk anak usia 15thn atw setara dgn sma.call/wa 0811766961

    BalasHapus
  14. Ass.. sy usi,tolong info home schooling utk anak usia 15thn atw setara dgn sma.call/wa 0811766961

    BalasHapus
  15. Sy jg berencana homeschooling,kl GA kberatan,ingin gabung do komunitas hs,ini WA sy 082315447759

    BalasHapus
  16. Sy juga ingin jadi bagian komunitas HS saya tinggal di daerah Cimahi...mungkin ada yang bisa kasih info

    BalasHapus